PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPS
BELAJAR
Burton (Knowles,
1986: 5)
“learning is a change in the individual, due to the interaction
of that individual, and his environment,
which fills a need and makes him more capable of dealing adequately with his
environment” .
Pusat
Kecerdasan di Otak
§ Cortex Cerebri (Kecerdasan Rasional)
§ Sistem Limbik (Kecerdasan Emosional)
§ Lobus Temporalis (Kecerdasan Spiritual)
SISTEM PENDIDIKAN SAAT INI (TERFOKUS PADA OTAK
KIRI)
Otak kiri
§ Logika
§ Kata/bahasa
§ Matematika
§ Urutan
|
Otak Kanan
§ Musik
§ Gambar
§ Warna
§ Imajinasi
§ Kreativitas
|
1. Pengembangan
Team Teaching sebagai Collaborative teaching
Team teaching :
1 klmp guru atau lbh yg bkrja sama dlm mrencanakn, mlaksanakn, & mnilai
kegtn pmbljrn utk 1 klmp bljr.
§ Supportive learning, yakni kegtn utk memperkuat, memperkaya,
siswa dlm bljr.
§ Complementary instruction, yakni slng melengkapi antar pengajar. 1
pengajar mmberikan materi, pengajar yg lain brtanggungjwb pd keberhslan siswa
dlm menguasaii kompetensi.
Kategori team teaching
Goetz (2008:2)
Goetz (2008:2)
§ 2 atau lbh guru mengajar 1 kls yg sm,
waktu, & pd siswa yg sm
§ Para guru yg bkrja sama ttpi tdk mengajar
bersama dlm 1 klmp siswa atau tdk pd
waktu yg sama.
Bbrp bntk
Team Teaching (Flanagan 2008)
§ Satu presentasi, satu menayangkan
§ Membagi siswa dlm 2 klmp yg heterogen dg
memberikan porsi materi yg berbeda
§ Satu presentasi, guru lain mengarahkan
§ Satu menyampaikan dsr materi, guru yg lain
mndorong siswa mengembangkan materi
§ Satu mengulangi, yg lain memberikan tmbhn klmp
yg lain
§ Satu guru membimbing sklmp siswa
mengerjakan tugas, yg lain memberikan feed back pd siswa yg tlh menyelesaikan
tugas.
Implementasi?
§ Mulai dari pengembangan silabus
§ Pembuatan RPP
§ Utk memulai dpt diambil tema2 yg mudah
dilakukan dlm team teaching.
§ Model pmbljrn yg relevan misalnya debat,
show case, & proyek
Contoh topik
§ Indonesia pada masa Orde Baru
Ø Politik (pemilu, desintegrasi)
Ø Ekonomi (KKN,
Ø Hukum (Undang-undang)
Ø Sosial (kesenjangan)
Ø Budaya (globalisasi)
Ø Demografi (pertumbuhan penduduk)
Ø Geografi (kerusakan alam)
2. Pembelajaran
Berbasis Portofolio
§ metode pmbljrn dg pendekatan portofolio
berarti memilih 1 atau 2 metode pmbljrn dr slrh metode yg ada utk kmd
dlaksanakn sesuai dg konsep portofolio
Langkah – langkah
§ Mengidentifikasi mslh yg ada
§ Memilih suatu mslh
§ Mengumpulkan informasi
§ Membuat portofolio kls
§ show case
§ Refleksi
Ø Mmbagi kls mjd bbrp klmp, 1 klmp mmbuat 1
bagian portofolio
Ø Guru menjelaskan bahwa informasi yg tlh
dikumpulkan msng2 siswa bisa bermanfaat bagi lbh dari 1 klmp
Ø Tiap klmp membuat tayangan
Show case
§ Keempat hsl klmp ditayangkan di dpn kls
§ Menentukan dewan yuri
§ Menentukan juru bicara klmp
§ Klmp maju berurutan
§ Dewan yuri memberi pertanyaan dijawab klmp
§ Dewan Yuri mengumumkan pemenangnya
Mslh pengangguran
§ Mengapa muncul pengangguran?
§ Apa dampak tingginya angka pengangguran
§ Bgmn upaya pmrnth mengatasi pengangguran?
§ Bgmn cara mengatasi pengangguran
§ (demografi, sdm, pendidikan, politik,
sosial, nilai)
1.Role PLAYING
2.DEBATE
3.Model Diskusi
4.Model Discovery dan Inquiry
5.Active Debate
6.Jigsaw
7.Penggunaan media
Cara menggunakan
media
- Interaktif
- Jgn 100%
- Jgn terlalu bnyk tulisan
- Dipadukan dg berbagai model.
- Media utk membantu siswa bkn guru
- variatif dan up to date
Ceramah dengan
media
§ Pengantar
§ Tayangan
§ Tanya jawab
§ Penjelasan
§ Tanya jawab
§ Divariasikan dengan penugasan
§ Simpulan, refleksi, dan evaluasi
RUNTUHNYA PEMERINTAHAN ORDE BARU MENUJU ERA
REFORMASI
PEMERINTAHAN ORDE
BARU
§ Pd 1968, MPR scr resmi melantik
Soeharto utk masa jabatan 5 th sbg presiden, & dia kmd dilantik kmbl scr
berturut-turut pd th 1973,
1978, 1983, 1988, 1993, dan [[1998].
KELEBIHAN SISTEM
PEMERINTAHAN ORBA
§ perkembangan GDP per kapita Indonesia
yg pd th 1968 hanya AS$70 & pd 1996 tlh mencapai lbh dari AS$1.000
§ sukses transmigrasi
§ sukses KB
§ sukses memerangi buta huruf
KEKURANGAN SIST
PEMERINTAHAN ORBA
§ pembangunan Indonesia yg tdk merata
§ brtambahnya kesenjangan sos (prbedaan
pendapatn yg tdk merata bagi si kaya & si miskin)
§ kritik dibungkam & oposisi diharamkan
§ kebebasan pers sangat terbatas, diwarnai
oleh bnyk koran & mjlh yg dibreidel
KRISIS FINANSIAL
YANG TERJADI DI ASIA
§ Pd pertengahan 1997, Indonesia diserang krisis
keuangan & ekonomi Asia disertai kemarau
terburuk dlm 50 th terakhir & harga minyak, gas & komoditas ekspor
lainnya yg smakin jatuh. Rupiah jatuh, inflasi meningkat tajam, & prpindahan modal
dipercepat.
KERUSUHAN YG TRJD DI INDONESIA
§ Kerusuhan Mei’98 adl kerusuhan
yg trjd di Indonesia
pd 13-15 Mei
1998, khususnya di ibu
kota Jakarta
namun jg trjd di bbrp daerah lain. Kerusuhan ini diawali oleh krisis finansial Asia & dipicu oleh tragedi
Trisakti.
Tema debat
§ Suharto layak dijadikan pahlawan nasional
§ Perekonomian masa Orba lbh baik drpd masa
reformasi
§ Proses sertifikasi guru saat ini tlh ideal
§ Sertifikasi guru akan meningkatkan
pendidikan scr signifikan
§ Pendidikan IPS saat ini telah terpadu
MODEL PENDEKATAN CTL
§ Dalang Gerakan 30 Sept 1965 adl PKI
§ Pembawa agama Islam ke Indonesia adl para
pedagang dari China pd abad ke XI
Reading Guide (Penuntun Bacaan)
Ø Tentukan bacaan yg akan dipelajari
Ø Buat pertanyaan2 yg akan dijawab atau
kisi2 utk mengerjakan permasalahan brdsrkn bacaan yg tlh ditentukan.
Ø Bagikan bahan bacaan dg pertanyaan atau
kisi2 yg tlh disiapkan kpd para peserta didik.
Ø Tugas para peserta didik, mempelajari
bacaan dg mnjwb prtanyaan2 atau mmecahkn prmslhn brdsrkn kisi2 yg ada. Kegtn menjawab
pertanyaan atau kisi2 bisa scr individual, atau klmp. Batasi aktivitas para
peserta didik, shg tdk memakan waktu yg berlebihan.
Ø Bahaslah bersama cnth jwbn atau pekerjaan
dari peserta didik. Berikan ulasan & ksmpuln.
Catatan :
Topik utk satu pertemuan dpt dibagi mnjd bbrp bacaan dg pertanyaan atau
kisi2 msng2.
Aktive Debate
Ø Kembangkan sebuah pernyataan yg terkait dg
persoalan kontroversial yg berhubungan dg topik pmbljrn. (pki ?)
Ø Bagi kls ke dlm 2 klmp. Klmp pro & kontra.
Ø Msng2 klmp yg pro & kontra membentuk
sub klmp antara 2-3 sub klmp (mengembangkan & merumuskn argumen2 utk mendukung
klmpnya).
Ø Setiap sub klmp menunjuk seorang juru
bicara masing2
Ø Siapkan di dpn kls 2-4 kursi (sesuai jmlh
sub klmp) utk msng2 klmp. Msng2 juru bicara menempati kursi yg ada di dpn kls.
Peserta didik yg lain duduk di blkng msng2 juru bicaranya (bisa dimodifikasi ).
Ø Mulailah debat dg menampilkan juru bicara
scr bergantian antara yg pro & yg kontra dg argumen msng2.
Ø Berikut msng2 klmp/Sub klmp mempersiapkn
& menyampaikan bantahan & argumen berikutnya. Demikian trs dilakukan
smpi dianggap waktu ckp.
Ø Stlh selesai para peserta didik kmbl pd
posisi kls.
Ø Refleksi (Bisa oleh siswa ataupun guru).
Model debat ini dapat dimodifikasi dengan nama
beragam
Ø Pilih mslh atau isu2 yg dimiliki bbrp
perspektif, teori/pendapat. Misalnya: Teori ttg msknya pengaruh Hindhu-Budha ke
Indonesia.
Ø Bagi para peserta didik dlm bbrp klmp
sesuai dg perspektif/teori Brahmana, teori Ksatria, teori Waisya & teori
Arus Balik. Jd ada 4 klmp.
Ø Msng2 klmp merumuskan argumen sesuai dg
teori pd klmpnya. Kalau pd klmp teori Brahmana, merumuskan argumen2 yg
mendukung teori Brahmana, & begitu utk klmp teori yg lain.
Ø Msng2 klmp dpt menunjukkan juru bicaranya.
Catatan
Ø Dlm debat tdk perlu menentukan klmp mana
menang & bnr, klmp mana yg kalah
& salah.
Ø Sbg variasi disamping 2-4 kursi utk masing2
klmp tambahkan satu kursi kosong, utk menyediakan siapa yg ingin berbicara.
Ø Usahakan setiap argumen selesai
disampaikan bisa diiringi tepuk tangan.
Learning Start With A Question
1.Pilih bahan bacaan/teks yg sesuai dg
topik, bagikan kpd peserta didik. Bacaan tdk hrs dibuat atau di copy kmd dibagi
pd peserta didik, ttpi tdk dilakukan dg memilih bab atau pd buku pelajaran yg
sdh ada.
2.Peserta didik diminta utk mempelajari
bacaan tadi scr sendirian atau berpasangan.
3.Peserta didik diminta utk memberi tanda pd
bagian bacaan yg tdk dipahami/ada hal2 yg perlu dibahas. Jika waktu
memungkinkan, bbrp peserta didik atau pasangan2 tadi digabungkan shg mnjd
pasangan/klmp baru. Klmp baru ini diminta utk membahas point2 yg tdk dipahami yg
sudah diberi tanda dari msng2 peserta didik/pasangan, & kmd, merumuskan
pertanyaan ttng materi yg tlh mrk baca & blm dipahami tadi.
4.Kumpulkan pertanyaan2 dari msng2 klmp.
5.Guru dpt membahas bersama2 peserta didik
pertanyaan2 yg terkumpul, atau kalau waktu memungkinkan pertanyaan2 dari msng2 klmp
tadi dikmblkan ke klmp, dg cara silang (klmp
akan menerima pertanyaan yg dirumuskan klmp lain), & msng2 klmp
menjwb atau memecahkan pertanyaan2 yg diterima. Msng2 klmp bisa bekerja di kls,
bisa diperpustakaan dg bahan bacaan yg tersedia.
6.Peserta didik kmbl pd posisi msng2 klmp
utk menyampaikan jawaban2nya atas pertanyaan yg diterima. Klmp lain bisa
menambahkan, & guru memberikan komentar akhir.
Catatan :
Kalau pertanyaan2 tadi dibahas bersama-sama antara guru & peserta
didik, langkah kegiatan klmp pd huruf e, ditiadakan, & guru ckp memberikan
ulasan
MAKE-A MATCH
§ Guru menyiapkan kartu (satu bagian
permasalahan bagian yg lain jawaban)
§ Tiap siswa mendapat kartu
§ Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dr
kartu yg dipegang
§ Tiap siswa mencari pasangan yg mpy kartu yg
cocok
§ Siswa yg dpt menemukan pasangan sblm batas
waktu diberi poin
§ Stlh satu babak, kartu dikocok, &
dibagikan lagi
§ Demikian seterusnya
§ Kesimpulan
Group Resume
1.Bagilah para peserta didik mnjd bbrp klmp
kcl 3-5 anggota.
2.Berikan permasalahan atau bahan bacaan pd
setiap klmp. Bagikan pula kertas (kalau bisa seukuran koran), transparansi,
& alat tulisnya.
3.Setiap klmp membahas & mmecahkn
prmasalahn yg diterima, & kmdn membuat resume di atas kertas/transparansi
yg tlh dibagikan
4.Msng2 klmp diminta mempresentasikan, &
klmp lain dpt menanggapi.
5.Berikan respon & ksmpulan dr materi yg
tlh dikaji.
Student Teams Achievement Division
§ Kls dibagi dlm tim atau klmp, terdiri atas
4-5 anggota, usahakan hiterogen, baik dilihat dari jenis kelamin, kemampuannya.
§ Tim bljr menggunakan lmbr kerja peserta
didik (LKS) atau alat & bahan ajar yg lain spt buku peserta didik, peta, globe,
gambar2 foto atau media yg lain sesuai dg topiknya yg dipelari.
§ Utk menguasai materi ajar, msng2 klmp
membahas, mendiskusikan atau slng tanya jwb anggota tim
§ Scr individual atau tim tiap 2 atau 3 minggu
sekali diadakan evaluasi terkait dg penguasaan bahan ajar yg tlh dikaji. Kpd
peserta didik scr individual atau tim yg mraih prestasi (nilai) tinggi atau mmperoleh
skor sempurna (mencapai standar), diberi penghargaan ( reward ).
Jigsaw
§ Bagilah kls dlm klmp2 bersifat heterogen,
terutama dilihat dari segi kemampuannya. Klmp ini dinamakan home teams.
§ Siapkan bahan ajar dlm bentuk teks, gmbr2
bbrp set dg jmlh klmp dlm kls (kalau 1 kls 5 klmp, juga ada 5 set bahan ajar ).
§ Tiap peserta didik bertanggung jawb
mempelajari suatu bagian dari bahan ajar.
§ Setiap peserta didik yg mndpt bagian yg
sama dari masing2 klmp yg berbeda berkumpul utk slng membantu mengkaji bahan yg
mnjd tanggung jawabnya. Kumpulan peserta didik ini disebut dg klmp pakar (
expert group ).
§ Klmp home teams mendiskusikan hsl kajian yg diperoleh dr klmp
pakar. Utk memperluas wawasan, kalau waktu ckp, bbrp klmp bs persentasi utk
mndapatkan masukan dr klmp lain.
§ Stlh itu guru melakukan evaluasi mengenal
bahan yg tlh dipelajari.
§ Peserta didik yg berprestasi &
mencapai skor sempurna perlu diberi penghargaan.
NUMBERED HEADS TOGETHER
§ Siswa dibagi dlm klmp, Siswa dlm setiap klmp mndptkan nomor
§ Guru mmberikn tugas & msng2 klmp
mengerjakannya
§ Klmp mendiskusikan jwbn yg bnr &
memastikan tiap anggota klmp dpt mengetahui jawabannya
§ Guru memanggil slh satu nomor siswa. Siswa
dg nomor yg dipanggil melaporkan hsl kerjasama klmp mrk
EXAMPLES NON EXAMPLES
§ Guru mempersiapkan gmbr2 yg sesuai dg
tujuan pembelajaran
§ Guru menempelkan atau menayangkan gmbr di
kls
§ Guru memberi petunjuk & memberi
kesempatan siswa utk memperhatikan & menganalisa gmbr
§ Diskusi klmp (3-5), dicatat
§ Tiap klmp diberi ksmptn mmbacakn hsl
diskusinya
§ Melalui hsl komentar/diskusi siswa guru
mulai menjelaskan materi sesuai dg tujuan pembelajaran
§ Kesimpulan
PICTURE AND
PICTURE
§ Guru menyampaikan tujuan yg ingin dicapai
§ Guru menyajikan materi sbg pengantar
§ Guru menunjukkan gmbr2
§ Guru menunjuk siswa bergantian mengurutkan
gmbr mnjd urutan logis
§ Guru menanyakan alasan pengurutan gmbr
§ Dari urutan gmbr tsbt guru mulai
menanamkan konsep
§ Kesimpulan
COOPERATIVE SCRIPT
§ Guru membagi siswa berpasangan
§ Guru membagi wacana utk dibaca dan
diringkas
§ Guru/siswa menetapkan siapa yg pertama sbg
pembicara & siapa sbg pendengar
§ Pembicara mnyampaikn rngksn dg memasukkan
ide2 pokok, pendengar: menyimak, mengoreksi, melengkapi
§ Bertukar peran (Pembicara Pendengar)
§ Kesimpulan Guru
PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP
IPS
Langkah-langkah
Penyusunan RPP
1.
Mencantumkan identitas
§ Nama sekolah
§ Mata Pelajaran
§ Kls/Semester
§ Standar Kompetensi
§ Kompetensi Dasar
§ Indikator
§ Alokasi Waktu
§ Mencantumkan Tujuan Pembelajaran
Tujuan pmbljrn dirumuskan dlm bentuk pernyataan yg operasional dari
kompetensi dasar.
§ Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi pmbljrn adl materi yg digunakan utk mencapai tujuan
pembelajaran.
§ Mencantumkan Metode Pembelajaran
Metode dpt diartikan bnr2 sbg metode, ttpi dpt pula diartikan sbg model,
§
Mencantumkan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Langkah2 kegitn memuat unsur kegitn pendahuluan/pembuka, kegitn inti, &
kegitn penutup.
§
Mencantumkan Sumber Belajar
Smbr bljr mencakup smbr rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, &
bahan. Smbr bljr dituliskan scr lebih operasional.
§
Mencantumkan
Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, &
instrumen yg dipakai utk mengumpulkan data.
Format RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. : .....................
Mata Pelajaran :
.....................
Kelas/Semester :
.....................
Standar Kompetensi : .....................
Kompetensi Dasar : .....................
Indikator : ....................
Alokasi Waktu :
... x 40 menit
(… pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
B. Materi Pembelajaran
C. Metode Pembelajaran
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pertemuan 2
dst
E. Sumber Belajar
F. Penilaian
Catatan:
§ RPP disusun utk satu Kompetensi Dasar.
§ Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar,
& Indikator dikutip dari silabus yg disusun oleh satuan pendidikan
§ Alokasi waktu diperhitungkan utk
pencapaian satu kompetensi dsr yg bersangkutan, yg dinyatakan dlm jam pljrn
& banyaknya pertemuan. Oleh krn itu, waktu utk mencapai suatu kompetensi
dsr dpt diperhitungkan dlm satu atau
bbrp kali pertemuan bergantung pd karakteristik kompetensi dasarnya.
Model Pelaksanaan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (Awal)
§ Kegiatan pendahuluan
§ apersepsi (apperception).
Dilakukan dg cara: mengajukan pertanyaan ttng bahan pljrn yg sdh dipelajari
sblmnya
§ penilaian awal (pre-test).
Melaksanakan penilaian awal dpt dilakukan dg cara lisan pd bbrp siswa yg
dianggap mewakili seluruh siswa, bisa jg penilaian awal ini dlm prosesnya
dipadukan dg kegiatan apersepsi
§ Penciptaan kondisi awal pmbljrn dilakukan
dg cara: mengecek atau memeriksa kehadiran siswa (presence, attendance),
menumbuhkan kesiapan bljr siswa (readiness), menciptakan suasana bljr yg
demokratis, membangkitkan motivasi bljr siswa, & membangkitkan perhatian
siswa.
2. Kegiatan Inti
Pembelajaran
Kegiatan inti map kegiatan dlm rangka pelaksanaan
pembelajaran terpadu yg menekankan pd proses pembentukan pengalaman bljr siswa (learning
experiences). Pengalaman bljr trsbt bisa dlm bentuk kegiatan tatap muka
& nontatap muka. Pengalaman bljr tatap muka dimaksudkan sbg kegiatan
pmbljrn yg dilakukan dg mengembangkan bentuk2 interaksi lngsng antara guru dg
siswa, sdngkan pengalaman bljr nontatap muka dimaksudkn sbg kegtn bljr yg
dilakukan siswa dlm berinteraksi dg smbr bljr lain yg bkn kegtn interaksi
guru-siswa.
Kegtn inti dlm pmbljrn terpadu bersifat
situasional, dlm arti perlu disesuaikan dg situasi & kondisi tempat proses
pmbljrn itu berlangsung. Trdpt bbrp kegtn yg dpt dilakukan dlm kegtn inti
pmbljrn terpadu. Kegtn plng awal yg perlu dilakukan guru adlh memberitahukan tujuan
atau Kompetensi Dasar yg hrs dicapai oleh siswa beserta garis2 bsr materi/bahan
pmbljrn yg akan dipelajari. Hal ini perlu dilakukan agar siswa mengetahui sejak
awal kemampuan2 apa saja yg akan diperolehnya stlh proses pmbljrn berakhir.
Cara yg ckp praktis utk memberitahukan tujuan atau kompetensi trsbt kpd siswa
bisa dilakukan dg cara tertulis atau lisan, atau kedua-duanya. Guru menuliskan
tujuan/kompetensi trsbt di papan tulis dilanjutkan dg penjlsn scr lisan
mengenai pntngnya tujuan/kompetensi trsbt dikuasai siswa.
§ Dlm membahas & menyajikan materi/bahan
pmbljrn terpadu hrs diarahkan pd suatu proses perubahan tingkah laku siswa.
Penyajian bahan pmbljrn hrs dlakukn scr trpadu melalui pnghubungn konsep dari
mata pljrn satu dg konsep mata pljrn lainnya. Dlm hal ini, guru hrs berupaya
menyajikan bahan pljrn dg strategi mengajar yg bervariasi, yg mendorong siswa
pd upaya penemuan pengetahuan baru. Kegtn pmbljrn terpadu bisa dilakukan
melalui kegtn pmbljrn scr klasikal, klmp, & perorangan.
Kegiatan Akhir (Penutup) dan Tindak Lanjut
Kegiatan akhir dlm pmbljrn terpadu tdk hanya
diartikan sbg kegtn utk menutup pljrn, ttpi juga sbg kegtn penilaian hsl bljr
siswa & kegtn tindak lanjut. Kegtn tindak lanjut hrs ditempuh brdasarkan pd
proses & hsl bljr siswa. Waktu yg tersedia utk kegtn ini relatif singkat,
oleh krn itu guru perlu mengatur & memanfaatkan waktu seefisien mngkn. Scr
umum kegtn akhir & tindak lanjut dlm pmbljrn terpadu di antaranya:
§ melaksanakan & mengkaji penilaian
akhir;
§ melaksanakan tindak lanjut pmbljrn melalui
kegtn pemberian tugas atau latihan yg hrs dikerjakan di rumah, menjelaskan kmbl
bahan pljrn yg dianggap sulit oleh siswa, membaca materi pljrn tertentu, &
memberikan motivasi atau bimbingan bljr; dan
§ mengemukakan topik yg akan dibahas pd
waktu yg akan datang, & menutup kegtn pembelajaran.
B. Penilaian
§ Objek dlm penilaian pmbljrn terpadu
mencakup penilaian trhdp proses & hsl bljr siswa. Penilaian proses bljr adl
upaya pemberian nilai trhdp kegtn pmbljrn yg dilakukan oleh guru & siswa,
sedangkn penilaian hsl bljr adlh proses pemberian nilai trhdp hsl2 bljr yg
dicapai dg menggunakan kriteria tertentu. Hsl bljr trsbt pd hakikatnya mrpkn pencapaian
kompetensi2 yg mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap & nilai2 yg
diwujudkan dlm kebiasaan berpikir & bertindak. Kompetensi trsbt dpt
dikenali melalui sejmlh hsl bljr & indikatornya yg dpt diukur &
diamati. Penilaian proses & hsl bljr itu slng berkaitan satu dg lainnya,
hsl bljr map akibat dr suatu proses bljr.
§ Penilaian yg dikembangkan mencakup jenis,
teknik, & bentuk instrumen yg digunakan trdpt pd lampiran.
Ø Tahapan Penilaian
Ø Jenis Tagihan
§
Jenis
tagihan, dlm hal ini, dibedakan atas tes (lisan, tertulis, praktik/unjuk kerja)
& nontes. Tes terdiri dari sejmlh pertanyaan yg memiliki jawaban bnr atau
salah, sedangkan nontes terdiri atas sejmlh pertanyaan atau pernyataan yg tdk
memiliki jwbn bnr-salah.
Ø Teknik Penilaian
§ Teknik penilaian mrp cara yg digunakan dlm
melaksanakan penilaian trsbt. Teknik2 yg dpt diterapkan utk jenis tagihan tes
meliputi: (1) Kuis dan (2) Tes Harian.
§ Utk jenis tagihan nontes, teknik2
penilaian yg dpt diterapkan adlh: (1)observasi, (2)angket, (3)wawancara,
(4)tugas, (5)proyek, dan (6)portofolio.
Bentuk Instrumen
§ Bentuk instrumen mrp alat yg digunakan dlm
melakukan penilaian/pengukuran/evaluasi trhdp pencapaian kompetensi siswa.
Bentuk2 instrumen yg diklmpkan menurut jenis tagihan & teknik penilaian adlh:
Ø Tes: isian, bnr-salah, menjodohkan,
pilihan ganda, uraian, dan unjuk kerja
Ø Nontes: panduan observasi, kuesioner,
panduan wawancara, dan rubrik.
Ø Penentuan Kriteria Ketuntasan Belajar
Ø Aspek Penilaian Mata Pelajaran
§
Nilai
hsl bljr mata pelajaran IPS yg tercantum dlm rapor mencakup: (1) penguasaan
konsep & (2) penerapan.
Ø Penghitungan Nilai Hsl Bljr &
Kompetensi Dsr
§ Penetapan kriteria ketuntasan bljr pd
setiap Indikator & KD ditentukan oleh msng2 guru dg pertimbangan: (1)input
siswa, (2)sarana dan prasarana pendukung, (3)manajemen sklh, & (4) kebijakan
kepala sekolah. Antara sklh satu dg sklh lainnya tentu saja penentuan
ketuntasan belajarnya tdk perlu sama.
§ Penentuan kriteria ketuntasan bljr tdk
statis melainkan dinamis menuju peningkatan sesuai dg peningkatan keempat
faktor yg dijadikan bahan pertimbangan spt yg tercantum di atas
§ Kriteria ketuntasan bljr dilakukan pd
setiap indikator yg tlh ditetapkan dg mengacu pd Kompetensi Dasar yg tlh
ditetapkan. Jadi dlm pmbljrn terpadu, penilaian utk ketuntasan bljr
dikembalikan lagi pd indikator2 yg tlh ditentukan.
15. a
16. d
17. a
18. e
19. e
20. e
KUNCI JAWABAN ISIAN
ATAU MELENGKAPI (COMPLETION)
1.
22 September 1980
2.
Presiden Soekarno
3.
Afrika Selatan, Nelson Mandela
4.
Gerakan Non Blok
5.
Dasa Sila
Bandung
6.
Balfour Declaration
7.
PLO
8.
African National Congress (ANC)
9.
Masalah apartheid dan munculnya nasionalisme baru serta
etnisitas baru
10. Amerika
Serikat
11. Norodom
Shianouk
12. Iran
dan Irak
13. Mikhail
Gorbachev
14. Nelson
Mandela
15. Jepang
16. Timur-Barat
17. Utara-Selatan
18. Ir.
Soekarno
19. ASEAN
20. Globalisasi
DAFTAR PUSTAKA
I Wayan Badrika, 2006, Sejarah SMA Kelas XII
IPS Jilid II, Jakarta : Erlangga