Pemebelajaran IPS

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPS

BELAJAR
Burton (Knowles, 1986: 5)
learning is a change in the individual, due to the interaction of that individual, and his  environment, which fills a need and makes him more capable of dealing adequately with his environment” .

Pusat Kecerdasan di Otak
§ Cortex Cerebri (Kecerdasan Rasional)
§ Sistem Limbik (Kecerdasan Emosional)
§ Lobus Temporalis (Kecerdasan Spiritual)

SISTEM PENDIDIKAN SAAT INI (TERFOKUS PADA OTAK KIRI)
Otak kiri
§ Logika
§ Kata/bahasa
§ Matematika
§ Urutan

Otak Kanan
§ Musik
§ Gambar
§ Warna
§ Imajinasi
§ Kreativitas

1. Pengembangan Team Teaching sebagai Collaborative teaching
Team teaching :
1 klmp guru atau lbh yg bkrja sama dlm mrencanakn, mlaksanakn, & mnilai kegtn pmbljrn utk 1 klmp bljr.
§ Supportive learning, yakni kegtn utk memperkuat, memperkaya, siswa dlm bljr.
§ Complementary instruction, yakni slng melengkapi antar pengajar. 1 pengajar mmberikan materi, pengajar yg lain brtanggungjwb pd keberhslan siswa dlm menguasaii kompetensi.

Kategori team teaching
Goetz (2008:2)
§ 2 atau lbh guru mengajar 1 kls yg sm, waktu, & pd siswa yg sm
§ Para guru yg bkrja sama ttpi tdk mengajar bersama  dlm 1 klmp siswa atau tdk pd waktu yg sama.

Bbrp bntk  Team Teaching  (Flanagan 2008)
§ Satu presentasi, satu menayangkan
§ Membagi siswa dlm 2 klmp yg heterogen dg memberikan porsi materi yg berbeda
§ Satu presentasi, guru lain mengarahkan
§ Satu menyampaikan dsr materi, guru yg lain mndorong siswa mengembangkan materi
§ Satu mengulangi, yg lain memberikan tmbhn klmp yg lain
§ Satu guru membimbing sklmp siswa mengerjakan tugas, yg lain memberikan feed back pd siswa yg tlh menyelesaikan tugas.

Implementasi?
§ Mulai dari pengembangan silabus
§ Pembuatan RPP
§ Utk memulai dpt diambil tema2 yg mudah dilakukan dlm team teaching.
§ Model pmbljrn yg relevan misalnya debat, show case, & proyek

Contoh topik
§ Indonesia pada masa Orde Baru
Ø Politik (pemilu, desintegrasi)
Ø Ekonomi (KKN,
Ø Hukum (Undang-undang)
Ø Sosial (kesenjangan)
Ø Budaya (globalisasi)
Ø Demografi (pertumbuhan penduduk)
Ø Geografi (kerusakan alam)

2. Pembelajaran Berbasis Portofolio
§ metode pmbljrn dg pendekatan portofolio berarti memilih 1 atau 2 metode pmbljrn dr slrh metode yg ada utk kmd dlaksanakn sesuai dg konsep portofolio

Langkah – langkah
§ Mengidentifikasi mslh yg ada
§ Memilih suatu mslh
§ Mengumpulkan informasi
§ Membuat portofolio kls
§ show case
§ Refleksi

Ø Mmbagi kls mjd bbrp klmp, 1 klmp mmbuat 1 bagian portofolio
Ø Guru menjelaskan bahwa informasi yg tlh dikumpulkan msng2 siswa bisa bermanfaat bagi lbh dari 1 klmp
Ø Tiap klmp membuat tayangan

Show case
§ Keempat hsl klmp ditayangkan di dpn kls
§ Menentukan dewan yuri
§ Menentukan juru bicara klmp
§ Klmp maju berurutan
§ Dewan yuri memberi pertanyaan dijawab klmp
§ Dewan Yuri mengumumkan pemenangnya

Mslh pengangguran
§ Mengapa muncul pengangguran?
§ Apa dampak tingginya angka pengangguran
§ Bgmn upaya pmrnth mengatasi pengangguran?
§ Bgmn cara mengatasi pengangguran
§ (demografi, sdm, pendidikan, politik, sosial, nilai)

1.Role PLAYING
2.DEBATE
3.Model Diskusi
4.Model Discovery dan Inquiry
5.Active Debate
6.Jigsaw
7.Penggunaan media

Cara menggunakan media
  1. Interaktif
  2. Jgn 100%
  3. Jgn terlalu bnyk tulisan
  4. Dipadukan dg berbagai model.
  5. Media utk membantu siswa bkn guru
  6. variatif dan up to date
Ceramah dengan media
§ Pengantar
§ Tayangan
§ Tanya jawab
§ Penjelasan
§ Tanya jawab
§ Divariasikan dengan penugasan
§ Simpulan, refleksi, dan evaluasi

RUNTUHNYA PEMERINTAHAN ORDE BARU MENUJU ERA REFORMASI

PEMERINTAHAN ORDE BARU
§ Pd 1968, MPR scr resmi melantik Soeharto utk masa jabatan 5 th sbg presiden, & dia kmd dilantik kmbl scr berturut-turut pd th 1973, 1978, 1983, 1988, 1993, dan [[1998].

KELEBIHAN SISTEM PEMERINTAHAN ORBA
§ perkembangan GDP per kapita Indonesia yg pd th 1968 hanya AS$70 & pd 1996 tlh mencapai lbh dari AS$1.000
§ sukses transmigrasi
§ sukses KB
§ sukses memerangi buta huruf

KEKURANGAN SIST PEMERINTAHAN ORBA
§ semaraknya korupsi, kolusi, nepotisme
§ pembangunan Indonesia yg tdk merata
§ brtambahnya kesenjangan sos (prbedaan pendapatn yg tdk merata bagi si kaya & si miskin)
§ kritik dibungkam & oposisi diharamkan
§ kebebasan pers sangat terbatas, diwarnai oleh bnyk koran & mjlh yg dibreidel

KRISIS FINANSIAL YANG TERJADI DI ASIA
§ Pd pertengahan 1997, Indonesia diserang krisis keuangan & ekonomi Asia disertai kemarau terburuk dlm 50 th terakhir & harga minyak, gas & komoditas ekspor lainnya yg smakin jatuh. Rupiah jatuh, inflasi meningkat tajam, & prpindahan modal dipercepat.

KERUSUHAN YG TRJD DI INDONESIA
§ Kerusuhan Mei’98 adl kerusuhan yg trjd di Indonesia pd 13-15 Mei 1998, khususnya di ibu kota Jakarta namun jg trjd di bbrp daerah lain. Kerusuhan ini diawali oleh krisis finansial Asia & dipicu oleh tragedi Trisakti.

Tema debat
§ Suharto layak dijadikan pahlawan nasional
§ Perekonomian masa Orba lbh baik drpd masa reformasi
§ Proses sertifikasi guru saat ini tlh ideal
§ Sertifikasi guru akan meningkatkan pendidikan scr signifikan
§ Pendidikan IPS saat ini telah terpadu

MODEL PENDEKATAN CTL
§ Dalang Gerakan 30 Sept 1965  adl PKI
§ Pembawa agama Islam ke Indonesia adl para pedagang dari China pd abad ke XI


Reading Guide (Penuntun Bacaan)
Ø Tentukan bacaan yg akan dipelajari
Ø Buat pertanyaan2 yg akan dijawab atau kisi2 utk mengerjakan permasalahan brdsrkn bacaan yg tlh ditentukan.
Ø Bagikan bahan bacaan dg pertanyaan atau kisi2 yg tlh disiapkan kpd para peserta didik.
Ø Tugas para peserta didik, mempelajari bacaan dg mnjwb prtanyaan2 atau mmecahkn prmslhn brdsrkn kisi2 yg ada. Kegtn menjawab pertanyaan atau kisi2 bisa scr individual, atau klmp. Batasi aktivitas para peserta didik, shg tdk memakan waktu yg berlebihan.
Ø Bahaslah bersama cnth jwbn atau pekerjaan dari peserta didik. Berikan ulasan & ksmpuln.
Catatan :
Topik utk satu pertemuan dpt dibagi mnjd bbrp bacaan dg pertanyaan atau kisi2 msng2.

Aktive Debate
Ø Kembangkan sebuah pernyataan yg terkait dg persoalan kontroversial yg berhubungan dg topik pmbljrn. (pki ?)
Ø Bagi kls ke dlm 2 klmp. Klmp pro &  kontra.
Ø Msng2 klmp yg pro & kontra membentuk sub klmp antara 2-3 sub klmp (mengembangkan & merumuskn argumen2 utk mendukung klmpnya).
Ø Setiap sub klmp menunjuk seorang juru bicara masing2
Ø Siapkan di dpn kls 2-4 kursi (sesuai jmlh sub klmp) utk msng2 klmp. Msng2 juru bicara menempati kursi yg ada di dpn kls. Peserta didik yg lain duduk di blkng msng2 juru bicaranya (bisa dimodifikasi ).
Ø Mulailah debat dg menampilkan juru bicara scr bergantian antara yg pro & yg kontra dg argumen msng2.
Ø Berikut msng2 klmp/Sub klmp mempersiapkn & menyampaikan bantahan & argumen berikutnya. Demikian trs dilakukan smpi dianggap waktu ckp.
Ø Stlh selesai para peserta didik kmbl pd posisi kls.
Ø Refleksi (Bisa oleh siswa ataupun guru).

Model debat ini dapat dimodifikasi dengan nama beragam
Ø Pilih mslh atau isu2 yg dimiliki bbrp perspektif, teori/pendapat. Misalnya: Teori ttg msknya pengaruh Hindhu-Budha ke Indonesia.
Ø Bagi para peserta didik dlm bbrp klmp sesuai dg perspektif/teori Brahmana, teori Ksatria, teori Waisya & teori Arus Balik. Jd ada 4 klmp.
Ø Msng2 klmp merumuskan argumen sesuai dg teori pd klmpnya. Kalau pd klmp teori Brahmana, merumuskan argumen2 yg mendukung teori Brahmana, & begitu utk klmp teori yg lain.
Ø Msng2 klmp dpt menunjukkan juru bicaranya.

Catatan
Ø Dlm debat tdk perlu menentukan klmp mana menang & bnr,  klmp mana yg kalah & salah.
Ø Sbg variasi disamping 2-4 kursi utk masing2 klmp tambahkan satu kursi kosong, utk menyediakan siapa yg ingin berbicara.
Ø Usahakan setiap argumen selesai disampaikan bisa diiringi tepuk tangan.

Learning Start With A Question
1.Pilih bahan bacaan/teks yg sesuai dg topik, bagikan kpd peserta didik. Bacaan tdk hrs dibuat atau di copy kmd dibagi pd peserta didik, ttpi tdk dilakukan dg memilih bab atau pd buku pelajaran yg sdh ada.
2.Peserta didik diminta utk mempelajari bacaan tadi scr sendirian atau berpasangan.
3.Peserta didik diminta utk memberi tanda pd bagian bacaan yg tdk dipahami/ada hal2 yg perlu dibahas. Jika waktu memungkinkan, bbrp peserta didik atau pasangan2 tadi digabungkan shg mnjd pasangan/klmp baru. Klmp baru ini diminta utk membahas point2 yg tdk dipahami yg sudah diberi tanda dari msng2 peserta didik/pasangan, & kmd, merumuskan pertanyaan ttng materi yg tlh mrk baca & blm dipahami tadi.
4.Kumpulkan pertanyaan2 dari msng2 klmp.
5.Guru dpt membahas bersama2 peserta didik pertanyaan2 yg terkumpul, atau kalau waktu memungkinkan pertanyaan2 dari msng2 klmp tadi dikmblkan ke klmp, dg cara silang (klmp  akan menerima pertanyaan yg dirumuskan klmp lain), & msng2 klmp menjwb atau memecahkan pertanyaan2 yg diterima. Msng2 klmp bisa bekerja di kls, bisa diperpustakaan dg bahan bacaan yg tersedia.
6.Peserta didik kmbl pd posisi msng2 klmp utk menyampaikan jawaban2nya atas pertanyaan yg diterima. Klmp lain bisa menambahkan, & guru memberikan komentar akhir.
Catatan :
Kalau pertanyaan2 tadi dibahas bersama-sama antara guru & peserta didik, langkah kegiatan klmp pd huruf e, ditiadakan, & guru ckp memberikan ulasan

MAKE-A MATCH
§ Guru menyiapkan kartu (satu bagian permasalahan bagian yg lain jawaban)
§ Tiap siswa mendapat kartu
§ Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dr kartu yg dipegang
§ Tiap siswa mencari pasangan yg mpy kartu yg cocok
§ Siswa yg dpt menemukan pasangan sblm batas waktu diberi poin
§ Stlh satu babak, kartu dikocok, & dibagikan lagi
§ Demikian seterusnya
§ Kesimpulan

Group Resume
1.Bagilah para peserta didik mnjd bbrp klmp kcl 3-5 anggota.
2.Berikan permasalahan atau bahan bacaan pd setiap klmp. Bagikan pula kertas (kalau bisa seukuran koran), transparansi, & alat tulisnya.
3.Setiap klmp membahas & mmecahkn prmasalahn yg diterima, & kmdn membuat resume di atas kertas/transparansi yg tlh dibagikan
4.Msng2 klmp diminta mempresentasikan, & klmp lain dpt menanggapi.
5.Berikan respon & ksmpulan dr materi yg tlh dikaji.

Student Teams Achievement Division
§ Kls dibagi dlm tim atau klmp, terdiri atas 4-5 anggota, usahakan hiterogen, baik dilihat dari jenis kelamin, kemampuannya.
§ Tim bljr menggunakan lmbr kerja peserta didik (LKS) atau alat & bahan ajar yg lain spt buku peserta didik, peta, globe, gambar2 foto atau media yg lain sesuai dg topiknya yg dipelari.
§ Utk menguasai materi ajar, msng2 klmp membahas, mendiskusikan atau slng tanya jwb anggota tim
§ Scr individual atau tim tiap 2 atau 3 minggu sekali diadakan evaluasi terkait dg penguasaan bahan ajar yg tlh dikaji. Kpd peserta didik scr individual atau tim yg mraih prestasi (nilai) tinggi atau mmperoleh skor sempurna (mencapai standar), diberi penghargaan ( reward ).


Jigsaw
§ Bagilah kls dlm klmp2 bersifat heterogen, terutama dilihat dari segi kemampuannya. Klmp ini dinamakan home teams.
§ Siapkan bahan ajar dlm bentuk teks, gmbr2 bbrp set dg jmlh klmp dlm kls (kalau 1 kls 5 klmp, juga ada 5 set bahan ajar ).
§ Tiap peserta didik bertanggung jawb mempelajari suatu bagian dari bahan ajar.
§ Setiap peserta didik yg mndpt bagian yg sama dari masing2 klmp yg berbeda berkumpul utk slng membantu mengkaji bahan yg mnjd tanggung jawabnya. Kumpulan peserta didik ini disebut dg klmp pakar ( expert group ).
§ Klmp home teams  mendiskusikan hsl kajian yg diperoleh dr klmp pakar. Utk memperluas wawasan, kalau waktu ckp, bbrp klmp bs persentasi utk mndapatkan masukan dr klmp lain.
§ Stlh itu guru melakukan evaluasi mengenal bahan yg tlh dipelajari.
§ Peserta didik yg berprestasi & mencapai skor sempurna perlu diberi penghargaan.

NUMBERED HEADS TOGETHER
§ Siswa dibagi dlm klmp, Siswa dlm  setiap klmp mndptkan nomor
§ Guru mmberikn tugas & msng2 klmp mengerjakannya
§ Klmp mendiskusikan jwbn yg bnr & memastikan tiap anggota klmp dpt mengetahui jawabannya
§ Guru memanggil slh satu nomor siswa. Siswa dg nomor yg dipanggil melaporkan hsl kerjasama klmp mrk

EXAMPLES NON EXAMPLES
§ Guru mempersiapkan gmbr2 yg sesuai dg tujuan pembelajaran
§ Guru menempelkan atau menayangkan gmbr di kls
§ Guru memberi petunjuk & memberi kesempatan siswa utk memperhatikan & menganalisa gmbr
§ Diskusi klmp (3-5), dicatat
§ Tiap klmp diberi ksmptn mmbacakn hsl diskusinya
§ Melalui hsl komentar/diskusi siswa guru mulai menjelaskan materi sesuai dg tujuan pembelajaran
§ Kesimpulan

PICTURE AND PICTURE
§ Guru menyampaikan tujuan yg ingin dicapai
§ Guru menyajikan materi sbg pengantar
§ Guru menunjukkan gmbr2
§ Guru menunjuk siswa bergantian mengurutkan gmbr mnjd urutan logis
§ Guru menanyakan alasan pengurutan gmbr
§ Dari urutan gmbr tsbt guru mulai menanamkan konsep
§ Kesimpulan

COOPERATIVE SCRIPT
§ Guru membagi siswa berpasangan
§ Guru membagi wacana utk dibaca dan diringkas
§ Guru/siswa menetapkan siapa yg pertama sbg pembicara & siapa sbg pendengar
§ Pembicara mnyampaikn rngksn dg memasukkan ide2 pokok, pendengar: menyimak, mengoreksi, melengkapi
§ Bertukar peran (Pembicara Pendengar)
§ Kesimpulan Guru


PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP
IPS

Langkah-langkah Penyusunan RPP
1. Mencantumkan identitas
§ Nama sekolah
§ Mata Pelajaran
§ Kls/Semester
§ Standar Kompetensi
§ Kompetensi Dasar
§ Indikator
§ Alokasi Waktu

§ Mencantumkan Tujuan Pembelajaran
Tujuan pmbljrn dirumuskan dlm bentuk pernyataan yg operasional dari kompetensi dasar.
§ Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi pmbljrn  adl  materi yg digunakan utk mencapai tujuan pembelajaran.
§ Mencantumkan Metode Pembelajaran
Metode dpt diartikan bnr2 sbg metode, ttpi dpt pula diartikan sbg model,
§ Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Langkah2 kegitn memuat unsur kegitn pendahuluan/pembuka, kegitn inti, & kegitn penutup.
§ Mencantumkan  Sumber Belajar
Smbr bljr mencakup smbr rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, & bahan. Smbr bljr dituliskan scr lebih operasional.
§ Mencantumkan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, & instrumen yg dipakai utk mengumpulkan data.

Format RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs.                               : .....................
Mata Pelajaran                        : .....................
Kelas/Semester                        : .....................
Standar Kompetensi               : .....................
Kompetensi Dasar                   : .....................
Indikator                                 :  ....................
Alokasi Waktu                        : ... x  40 menit
(…  pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran  
B. Materi Pembelajaran   
C. Metode Pembelajaran 
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            Pertemuan 1
            Pertemuan 2
            dst
E. Sumber Belajar           
F. Penilaian

Catatan:
§ RPP disusun utk satu Kompetensi Dasar.
§ Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, & Indikator dikutip dari silabus yg disusun oleh satuan pendidikan
§ Alokasi waktu diperhitungkan utk pencapaian satu kompetensi dsr yg bersangkutan, yg dinyatakan dlm jam pljrn & banyaknya pertemuan. Oleh krn itu, waktu utk mencapai suatu kompetensi dsr dpt diperhitungkan dlm  satu atau bbrp kali pertemuan bergantung pd karakteristik kompetensi dasarnya.

Model Pelaksanaan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (Awal)
§ Kegiatan pendahuluan
§ apersepsi (apperception).
Dilakukan dg cara: mengajukan pertanyaan ttng bahan pljrn yg sdh dipelajari sblmnya
§ penilaian awal (pre-test).
Melaksanakan penilaian awal dpt dilakukan dg cara lisan pd bbrp siswa yg dianggap mewakili seluruh siswa, bisa jg penilaian awal ini dlm prosesnya dipadukan dg kegiatan apersepsi
§ Penciptaan kondisi awal pmbljrn dilakukan dg cara: mengecek atau memeriksa kehadiran siswa (presence, attendance), menumbuhkan kesiapan bljr siswa (readiness), menciptakan suasana bljr yg demokratis, membangkitkan motivasi bljr siswa, & membangkitkan perhatian siswa.

2. Kegiatan Inti Pembelajaran
Kegiatan inti map kegiatan dlm rangka pelaksanaan pembelajaran terpadu yg menekankan pd proses pembentukan pengalaman bljr siswa (learning experiences). Pengalaman bljr trsbt bisa dlm bentuk kegiatan tatap muka & nontatap muka. Pengalaman bljr tatap muka dimaksudkan sbg kegiatan pmbljrn yg dilakukan dg mengembangkan bentuk2 interaksi lngsng antara guru dg siswa, sdngkan pengalaman bljr nontatap muka dimaksudkn sbg kegtn bljr yg dilakukan siswa dlm berinteraksi dg smbr bljr lain yg bkn kegtn interaksi guru-siswa.
Kegtn inti dlm pmbljrn terpadu bersifat situasional, dlm arti perlu disesuaikan dg situasi & kondisi tempat proses pmbljrn itu berlangsung. Trdpt bbrp kegtn yg dpt dilakukan dlm kegtn inti pmbljrn terpadu. Kegtn plng awal yg perlu dilakukan guru adlh memberitahukan tujuan atau Kompetensi Dasar yg hrs dicapai oleh siswa beserta garis2 bsr materi/bahan pmbljrn yg akan dipelajari. Hal ini perlu dilakukan agar siswa mengetahui sejak awal kemampuan2 apa saja yg akan diperolehnya stlh proses pmbljrn berakhir. Cara yg ckp praktis utk memberitahukan tujuan atau kompetensi trsbt kpd siswa bisa dilakukan dg cara tertulis atau lisan, atau kedua-duanya. Guru menuliskan tujuan/kompetensi trsbt di papan tulis dilanjutkan dg penjlsn scr lisan mengenai pntngnya tujuan/kompetensi trsbt dikuasai siswa.

§ Dlm membahas & menyajikan materi/bahan pmbljrn terpadu hrs diarahkan pd suatu proses perubahan tingkah laku siswa. Penyajian bahan pmbljrn hrs dlakukn scr trpadu melalui pnghubungn konsep dari mata pljrn satu dg konsep mata pljrn lainnya. Dlm hal ini, guru hrs berupaya menyajikan bahan pljrn dg strategi mengajar yg bervariasi, yg mendorong siswa pd upaya penemuan pengetahuan baru. Kegtn pmbljrn terpadu bisa dilakukan melalui kegtn pmbljrn scr klasikal, klmp, & perorangan.

Kegiatan Akhir (Penutup) dan Tindak Lanjut
Kegiatan akhir dlm pmbljrn terpadu tdk hanya diartikan sbg kegtn utk menutup pljrn, ttpi juga sbg kegtn penilaian hsl bljr siswa & kegtn tindak lanjut. Kegtn tindak lanjut hrs ditempuh brdasarkan pd proses & hsl bljr siswa. Waktu yg tersedia utk kegtn ini relatif singkat, oleh krn itu guru perlu mengatur & memanfaatkan waktu seefisien mngkn. Scr umum kegtn akhir & tindak lanjut dlm pmbljrn terpadu di antaranya:
§ melaksanakan & mengkaji penilaian akhir;
§ melaksanakan tindak lanjut pmbljrn melalui kegtn pemberian tugas atau latihan yg hrs dikerjakan di rumah, menjelaskan kmbl bahan pljrn yg dianggap sulit oleh siswa, membaca materi pljrn tertentu, & memberikan motivasi atau bimbingan bljr; dan
§ mengemukakan topik yg akan dibahas pd waktu yg akan datang, & menutup kegtn pembelajaran.

B. Penilaian
§ Objek dlm penilaian pmbljrn terpadu mencakup penilaian trhdp proses & hsl bljr siswa. Penilaian proses bljr adl upaya pemberian nilai trhdp kegtn pmbljrn yg dilakukan oleh guru & siswa, sedangkn penilaian hsl bljr adlh proses pemberian nilai trhdp hsl2 bljr yg dicapai dg menggunakan kriteria tertentu. Hsl bljr trsbt pd hakikatnya mrpkn pencapaian kompetensi2 yg mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap & nilai2 yg diwujudkan dlm kebiasaan berpikir & bertindak. Kompetensi trsbt dpt dikenali melalui sejmlh hsl bljr & indikatornya yg dpt diukur & diamati. Penilaian proses & hsl bljr itu slng berkaitan satu dg lainnya, hsl bljr map akibat dr suatu proses bljr.
§ Penilaian yg dikembangkan mencakup jenis, teknik, & bentuk instrumen yg digunakan trdpt pd lampiran.
Ø Tahapan Penilaian
Ø Jenis Tagihan
§ Jenis tagihan, dlm hal ini, dibedakan atas tes (lisan, tertulis, praktik/unjuk kerja) & nontes. Tes terdiri dari sejmlh pertanyaan yg memiliki jawaban bnr atau salah, sedangkan nontes terdiri atas sejmlh pertanyaan atau pernyataan yg tdk memiliki jwbn bnr-salah.
Ø Teknik Penilaian
§ Teknik penilaian mrp cara yg digunakan dlm melaksanakan penilaian trsbt. Teknik2 yg dpt diterapkan utk jenis tagihan tes meliputi: (1) Kuis dan (2) Tes Harian.
§ Utk jenis tagihan nontes, teknik2 penilaian yg dpt diterapkan adlh: (1)observasi, (2)angket, (3)wawancara, (4)tugas, (5)proyek, dan (6)portofolio.

Bentuk Instrumen
§ Bentuk instrumen mrp alat yg digunakan dlm melakukan penilaian/pengukuran/evaluasi trhdp pencapaian kompetensi siswa. Bentuk2 instrumen yg diklmpkan menurut jenis tagihan & teknik penilaian adlh:
Ø Tes: isian, bnr-salah, menjodohkan, pilihan ganda, uraian, dan unjuk kerja
Ø Nontes: panduan observasi, kuesioner, panduan wawancara, dan rubrik.
Ø Penentuan Kriteria Ketuntasan Belajar
Ø Aspek Penilaian Mata Pelajaran
§ Nilai hsl bljr mata pelajaran IPS yg tercantum dlm rapor mencakup: (1) penguasaan konsep & (2) penerapan.
Ø Penghitungan Nilai Hsl Bljr & Kompetensi Dsr
§ Penetapan kriteria ketuntasan bljr pd setiap Indikator & KD ditentukan oleh msng2 guru dg pertimbangan: (1)input siswa, (2)sarana dan prasarana pendukung, (3)manajemen sklh, & (4) kebijakan kepala sekolah. Antara sklh satu dg sklh lainnya tentu saja penentuan ketuntasan belajarnya tdk perlu sama.
§ Penentuan kriteria ketuntasan bljr tdk statis melainkan dinamis menuju peningkatan sesuai dg peningkatan keempat faktor yg dijadikan bahan pertimbangan spt yg tercantum di atas
§ Kriteria ketuntasan bljr dilakukan pd setiap indikator yg tlh ditetapkan dg mengacu pd Kompetensi Dasar yg tlh ditetapkan. Jadi dlm pmbljrn terpadu, penilaian utk ketuntasan bljr dikembalikan lagi pd indikator2 yg tlh ditentukan.